Eko Sulistyo (Deputi IV Bidang Komunikasi Politik dan DIseminasi Informasi Kantor Staf Presiden): Wayang Harus Mampu Melebur Dalam Era Digital

Pagelaran Festival Dalang Bocah dan Festival Dalang Muda 2018 dipandang sebagai kegiatan yang sangat bermakna oleh Eko Sulistyo, perwakilan Staf Kepresidenan RI yang turut hadir di pembukaan FDB dan FDM 2018. Pengakuan UNESCO terhadap Wayang sebagai World Master Piece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Artinya, pengakuan terhadap budaya Adiluhung ini bukan hanya sebatas Nusantara semata, tapi juga dunia. Dengan demikian, upaya pelestarian melalui ajang seperti ini layak mendapat dukungan dari berbagai pihak.

Di sisi lain, Wayang sebagai representasi tradisi juga musti mampu melebur dengan gulir zaman yang berputar cepat di era digital. PEPADI sebagai salah satu organisasi yang bersentuhan langsung dengan dunia pewayangan harus lebih mampu mengintegrasikan program dan kegiatannya dengan penetrasi internet yang sudah menjadi keniscayaan zaman.

Share Button

Leave a Comment